" />

Contoh Feature

June 19, 2010 - 3:22 am No Comments

Pesona Wisata Danau Singkarak

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan pariwisata alamnya yang sangat menawan. Danau, Lembah, dan air terjun membentang di sepanjang negeri . Jika berniat berkunjung ke provinsi ini, tidak ada salahnya  menengok kawasan wisata alam di negeri kerajaan Pagaruyung ini. Salah satu kawasan wisata yang cocok untuk di kunjungi apalagi bagi yang hobi kuliner juga sambil menikmati keindahan alam adalah Danau Singkarak, yang terletak di Kecamatan X Koto Diateh, Kabupaten Solok Sumatera Barat. Danau ini merupakan danau terluas ke dua di Sumatera setelah danau toba, dan merupakan danau yang terkenal sebagai penghasil ikan kecil yang gurih, renyah dan enak serta memiliki rasa yang khas, masyarakat Singkarak biasanya menyebutnya dengan ikan “bilih”. Banyak para wisatawan  yang penasaran dengan rasa ikan ini dan sengaja berkunjung ke kawasan wisata Danau Singkarak.

Selain daya tarik kuliner, kawasan wisata danau singkarak juga dikenal karena air danaunya yang biru, fasilitas wisatanya juga cukup memadai. Di kawasan wisata Danau singkarak ini memiliki berbagai arena bermain bagi anak-anak. Selain itu juga disediakan fasilitas penangkapan ikan bagi anda yang ingin menangkap sendiri ikan “bilih” dari danau ini, juga tersedia sampan bagi yang ingin menikmati panorama danau singkarak dengan lebih dekat  dengan harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan tempat lain.

Ada pula kawasan pasar yang menyediakan berbagai oleh-oleh khas provinsi Sumatera Barat. Pasar ini disebut pasar ombilin, disebut pasar ombilin karena berdekatan dengan PLTA ombilin yang merupakan pemasok listrik utama kawasan kota dan kabupaten Solok. Di pasar ini dijual pula oleh-oleh khas Danau Singkarak yaitu ikan bilih yang sudah dikemas dan dapat di bawa dalam perjalanan jauh dengan pelayanan yang sangat ramah dari para pedagang yang sebagian besar penduduk asli daerah pinggir Danau Singkarak. Bagi yang ingin membeli ikan bilih yang masih segar, juga dijual disini dan harganya lebih murah karena berasal dari nelayannya langsung. Kunjungan ke danau ini akan menjadi pengalaman menarik bagi Anda dan juga membuat Anda ingin datang lagi (ry).

Leave a Reply